Mengenal Domain Emoji

🤫 Cara Menggunakan Emoji Sebagai Domain
Daftar Isi Artikel []
Artikel ini khusus buat kamu yang belum tahu-menahu soal emoji domain.

Saya Baru Kenalan Dengan Emoji Domain

Saya mengenal emoji domain belum lama, saat itu, saya lagi liat² emoji di emojipedia.org buat nyari emoji yang cocok untuk dijadikan sebagai pengganti ikon pelengkap pada template blogger yang akan saya pakai kelak. Kenapa pake emoji sebagai ikon? Karena saya bosen pake SVG, Material Icon, apalagi Font Awesome.

Nah, dibagian bawah halaman emojipedia, saya lihat ada sebuah kotak yang berisikan shortlink halaman tersebut. Terkejut, saya terheran-heran, url domain yang ada didalamnya berupa emoji.
Emojipedia.org
Otomatis, saya langsung tanya ke Mbah Google dong. "Mbah, kenapa domainnya bisa pake emoji begitu? Gimana cara daftarnya?"
Mencari Informasi Lewat Mbah Google

Munculah beberapa jawaban yang Simbah carikan khusus untuk saya. Setelah saya baca semua jawaban yang diberikan Embah, ternyata, saya keterbelakangan sekali, emoji domain sebenarnya sudah lama ada di dunia maya. Baca sejarahnya...

Sejarah Emoji Domain

Saya males njelasin, baca aja hasil translate halaman wikipedia 😂
Tiga domain emoji pertama dibuat pada 19 April 2001:
  1. ♨️.com (xn--j6h.com),
  2. ♨️.net (xn--j6h.net) dan
  3. ☮️.com (xn--v4h.com).
Cabel Sasser dari Panic menciptakan 💩.la (xn--ls8h.la), "Domain Emoji Pertama Dunia", pada 13 April 2011.

Pada Februari 2015, Coca-Cola menggunakan nama domain yang berisi emoji smiley dalam kampanye iklan yang ditujukan untuk pengguna seluler di Puerto Rico. Sebuah survei 2018 tentang .ws TLD mencatat sekitar 25.000 domain emoji terdaftar.
Kalo mau lebih lengkap, baca dalam Bahasa Inggris di wikipedia.

Sub dan/atau Domain Emoji Punya Saya

Saya sudah punya domain emoji, tapi masih numpang di blogspot 😆, niatnya, saya mau daftarin emoji high voltage (⚡) karna punya niatan pengin buat blog khusus yang bahas tutorial AMP, cocok banget kan kalo pake emoji petir.

Tapi sayang, emoji petir udah kepake, kayaknya juga, lebih dari separuh dari jumlah keseluruhan emoji udah kepake di blogspot. Soalnya, hampir setiap percobaan yang saya lakukan selalu menampilkan hasil "Alamat Ini Tidak Tersedia Untuk Blog Baru"

Paling rakus tuh orang Spanyol cuy (kalo gak salah sih, saya gak paham bahasanya 😂), 1 akun blogger dipake buat daftar puluhan domain emoji blogspot.

Terpaksa, saya pilih lagi emoji yang cocok dan tersedia untuk blog baru. Tiba-tiba, saya kepikiran sesuatu yang behubungan erat dengan blog ini, Masih Terjaga = Begadang. Jadi, emoji "kampret" cocok banget tuh, beruntung sekali saya, emoji kampret belum dipake 🎉🎉🎉. Kunjungi blog "kampret" saya ya » 🦇.blogspot.com (xn--6s9h.blogspot.com).

SEO, SERP, Dan Medsos Domain Emoji?

Kalo masalah SEO saya gak berani narik kesimpulan, soalnya kan saya baru pake "kemaren sore" (istilah), saya juga belum pernah buat konten di blog yang pake emoji domain. Terlebih lagi, saya tuh pemula banget di bidang SEO.

Tapi kalo masalah SERP, emoji yang dipake akan terlihat sempurna di hasil penelusuran. Saya belum mengindeks blog tersebut, tapi ada contoh (blogspot) yang pake emoji keindek dengan baik di SERP google, nih:
SERP Domain Emoji
Berurutan dari atas merupakan indeks situs yang Memakai emoji domain pada hasil penelusuran Google, Bing, Yahoo Dan Yandex.
Kalo dikunjungi situsnya, domain yang terlihat di address bar, jadi plain teks. Misal 🦇.blogspot.com nanti otomatis berubah ke plain teks seperti ini » xn--6s9h.blogspot.com.

Kalo diliat-liat, domain emoji sepertinya cocok banget buat ningatin CTR klik Search Console, sama seperti upaya menambahkan tanda centang judul artikel di hasil penelusuran google, nyolok mata. 😂

Tapi kalo udah masuk ke situsnya, semua berubah, seakan-akan kaya situ spam yang identik dengan huruf tak beraturan dan tanda baca hyphen (-) berlebih, ya gak?

Mencoba Membagikan Url Domain Emoji di Media Sosial

Saya mencoba membagikan ke medsos dengan menuliskannya dalam teks biasa dan emoji, hasilnya:

Membagikan ke Facebook
Sinyal Sosial Facebook
Teks biasa berfungsi dengan baik jika dikunjungi, tapi jika url dituliskan dengan emoji, kemudian diklik, hasilnya seperti gambar dibawah:
Url Diblokir Facebook
Gatau kalo di PC, saya kan blogger mobile.
Membagikan ke Twitter
Balada Rakyat Twitter
Di Twitter, menuliskan url domain emoji dalam teks biasa akan berubah otomatis menjadi emoji yang tampilannya berbeda jika menuliskan url domain dengan emoji, keduanya juga berfugsi dengan baik jika di klik, akan mengarah ke blog "kampret" saya.

Membagikan ke WhatsApp
Tema Chat WhatsApp Keren
Kedua url juga berfugsi dengan baik di WhatsApp, hanya saja, menuliskan dalam teks biasa tidak berubah otomatis seperti Twitter.

Cara Buat Emoji Domain

Cara "Muter Muter"
Membuat Domain emoji
Kok bisa sih pake emoji untuk nama domain, gimana caranya? Mudah kok, caranya convert dulu emojinya ke plain teks pake tools punycoder.
Tulis emoji yang pengin dipake, di kolom atas, lalu klik convert to punycode.

Cara "Cepat"
Tulis aja emoji yang menarik di address bar diikuti ekstensi domain. Nanti emojinya otomatis berubah menjadi teks biasa seperti ini:
Trik Membuat Domain Emoji

Teks itulah yang nantinya dipakai untuk domain xn--___.ekstensi

Mumpung masih jarang, cepet daftarin emoji Keren sebagai domain, 🇮🇩.id misalnya.
    • Dian Sandi Utama

      Dian Sandi Utama

      4/9/19

      Minyak tanah