Tips Menggunakan Template

Tips Menggunakan Template Blogger Masih Terjaga
Daftar Isi Artikel []

Tips Pakai Template

Header

Jika ingin menggunakan gambar pada Header, gunakan gambar dengan ukuran berasio 3:1 (e.g, 180x60, 210x70, 300x100, 600x200).

Saat memasang gambar Header sangat disarankan input URL gambarnya. Jadi, upload dulu gambarnya di postingan, atur menjadi "Original Size" kemudian ambil URL gambarnya, pastekan di pengaturan widget Header, Save.

Cara Memasang Gambar Header

Iklan

Ketika memasang iklan pada widget yang tersedia, script iklan Google AdSense (<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>) tidak perlu dicopas, script tersebut sudah terpasang di template MasihTerjaga. Jika script tersebut ikut dicopas, maka akan mempengaruhi pagespeed.

Jadi, kode iklan yang dipasang cukup seperti ini (tak terkecuali iklan infeed yang dipasang lewat edit tema):

<ins class="adsbygoogle"
     data-ad-client="ca-pub-1234567891011121314"
     data-ad-slot="0123456789"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Menulis

Bukan hanya ketika menggunakan template Masih Terjaga, saat menggunakan template lainpun sangat disarankan untuk menulis artikel di Mode HTML, bukan Compose. Hasil tulisan di Mode HTML jauh lebih rapi ketimbang kita menulis artikel di mode compose.

Saat menulis di mode compose, terkadang ada tag HTML yang tidak tertutup (meskipun jarang), hal ini bisa membuat struktur template rusak. Script bisa terpengaruh, alhasil, ada beberapa elemen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tujuan menulis di mode html ketika memakai template ini bukan tidak lain untuk menampilkan daftar isi otomatis, jika kamu menulis dan publish artikel di mode Compose, daftar isi artikel tidak akan muncul.

Tipografi

<b>...</b>
<i>...</i>
<u>...</u>
<strong>...</strong>
<em>...</em>
<strike>....</strike>
<s>....</s>
<del>...</del>

Perhatikan penggunaannya, jangan sampai kata yang dibungkus tag HTML tersebut terpotong pada 140 karakter di awal artikel.

Misalkan di awal artikel, kamu menuliskan seperti ini:
Variasi teks tebal, miring, Dan garis bawah yang terpotong pada karakter ke 140 akan membuat tampilan homepage tidak rapih. Post list homepa|ge akan memanjang ke bawah.
Perhatikan garis berwarna orange, garis tersebut merupakan karakter ke 141 yang berada di dalam tag <i>. 140 karakter sebelumnya (termasuk tag <i> pembuka) akan ditampilkan sebagai cuplikan artikel di halaman beranda.

Apa yang terjadi? Jelas, tag tersebut menjadi tidak memiliki penutup, pastinya akan mempengaruhi template di halaman beranda. Strukturnya rusak, hasilnya, daftar posting di homepage akan memanjang ke bawah (tidak grid).

Apakah kita bisa mengaturnya agar tag tersebut tidak ditampilkan dalam snippets? Jawabannya tidak, hanya sistem blogger yang dapat mengaturnya.

Thumbnail

Rekomendasi ukuran gambar yang ingin dijadikan sebagai first image dan thumbnail yakni gambar dengan rasio 16:9 (e.g, 720x405, 768x432, 1289x720), tujuannya untuk menghindari terpotongnya gambar yang ditampilkan pada first image dan thumbnail di beranda.
Tips akan terus bertambah berdasarkan masalah yang dialami pengguna template Masihterjaga.