Mencadangkan Data WhatsApp

Cara Mudah Mencadangkan Pesan WhatsApp Android
Daftar Isi Artikel []
Backup Data Aplikasi Whatsapp - Cara menyimpan dokumen penting wa (chat, gambar, video, audio) di android menggunakan akun google drive.

Kehilangan dokumen pada android wajar terjadi, tak terkecuali whatsapp. Banyak penyebabnya, seperti ruang memori internal yang semakin kecil, adanya virus pada android. Tapi, kasus yang sering terjadi yakni karena keteledoran, lupa dan/atau tidak sengaja mengapus data penting tersebut.

Nah, untuk mencegah hilangnya data yang dihapus secara permanen, kita harus melakukan pencadangan secara berkala agar suatu saat bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana?
Cara mencadangkan data wa tidaklah sulit, pihak Whatsapp sendiri sudah menyediakan fitur backup and restore, nantinya akan terintegrasi dengan akun google drive. Jadi, pastikan sobat sudah login akun Google dan memasang aplikasi Google Drive agar proses mengembalikan datanya lebih mudah.

Tips Mencegah WhatsApp Dibajak : Cara Mengunci Aplikasi WA

Cara Backup Data WA di Android

Berikut langkah-langkah mencadangkan dokumen penting whatsapp:
  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp,
  2. Lalu, masuk menu > Settings / Pengaturan => Chat & Calls / Pesan & Panggilan > Chat Backup / Cadangkan Pesan
  3. Sambungkan akun WA kalian dengan Google Drive, caranya pencet pada Back up to Google Drive, lalu tentukan interval back up sesuai selera mulai dari harian, mingguan hingga bulanan.
  4. Setelah memilih interval atur batas waktu yang diinginkan, maka akan muncul sebuah popup untuk memilih akun Google nah langsung deh masukan akun Google yang kalian pakai.
  5. Apabila di bagian Account / Akun telah terlihat username / nama pengguna Google kalian itu artinya proses penyambungan akun GDrive ke WA telah sukses
  6. Jadi, untuk melakukan backup manualnya kalian cuma perlu pencet tombol BACK UP, dan akan langsung di proses.
  7. Beres!.
Cara Mengamankan Dokumen Penting Whatsapp
Sebelum melakukan back up, pastikan koneksi internet kamu dalam keadaan normal dan jika perlu, hapus beberapa percakapan atau media yang kamu anggap tidak terlalu penting agar file back up tidak terlalu besar dan proses upload akan lebih cepat.

Baca: Tips Menghemat Kuota Internet

Keuntungan Mencadangkan Data Whatsapp

Semua gambar, video, audio dan percakapan Whatsapp akan tersimpan di akun GDrive, asalkan kamu ingat informasi akun yang dipakai, maka backupan tersebut bisa dikembalikan ketika ganti hp atau install ulang.

Demikian, semoga cara membackup data whatsapp dengan google drive bisa kalian ikuti dengan mudah. Jika ada yang kurang jelas dan ada masalah lainnya silakan berkomentar saja agar bisa diskusikan bersama.