Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri Saat Digunakan
Daftar Isi Artikel []
Cara mengatasi laptop mudah panas ini menggunakan beberapa anjuran tips dari ulasan berikut. Mungkin laptop Anda cepat panas dan harus segera ditangani.

Diantara kalian siapa sih yang masih menggunakan laptop hingga batas kinerjanya? Jangan sampai kelebihan panas yang mengakibatkan overheat ya. Laptop yang terlalu panas dapat juga mengakibatkan keyboard cepat panas. Alhasil, Anda tidak dapat menikmati kinerja laptop secara maksimal.

Di sebuah perangkat laptop terdiri dari beberapa komponen yang luas dan sempit. Jangan sampai di sirkulasi udara laptop Anda terganggu dengan beberapa benda.

Kalau terhalang maka sirkulasi udara keluar masuknya akan terganggu dan akan mengendap di dalam motherboard laptop yang mengakibatkan laptop cepat panas.

Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Overheat

Mengenai hal tersebut mimin akan membagikan pengalaman agar laptop tidak mudah panas dan berisik. Sebelumnya Anda harus kenali dulu penyebab laptop mudah panas dan lambat dibawah ini:
  1. Laptop udah berumur, biasanya laptop yang mempunyai umur lebih dari 1 tahun akan menimbulkan hal semacam ini.
  2. Sirkulasi udara tertutup oleh kain.
  3. Hindari laptop digunakan untuk ngegame kalau spek nya low end, kecuali kamu yang makai laptop high end hiraukan saja.
  4. Jangan memakai laptop diatas paha kaki kita.
  5. Gunakan laptop semaksimal mungkin, jadwalkan penghidupan laptop.
  6. Membuka beberapa program yang sekiranya dianggap penting.
  7. Membuka banyak software yang tidak perlu dan belum di lakukan penutupan alias closing software.
  8. Sering digunakan untuk multitasking yang berlebihan.
Diatas mungkin beberapa penyebab bikin laptop mudah panas yang perlu Anda hindari supaya mendapatkan peforma laptop yang lebih baik lagi dan membiarkan komponen laptop tidak mudah rusak.

Menjaga laptop seperti halnya Anda menjaga barang elektronik lainnya. Semua komponen yang ada di dalam laptop harus Anda jaga dan rawat selalu agar mesin - mesinnya tidak mengalami kerusakan seperti halnya Anda bisa membersihkan hardware RAM, Motherboard, monitor, fan dan keyboard.

Sebenarnya penyebab umumnya ada di fan yang terhambat debu atau benda apapun itu yang menghambat proses berjalannya putaran RPM si kipas tersebut dalam mendistribusikan sirkulasi udara ke komponen prosesor dan vga.

Trik Memperbaiki Laptop Mudah Panas Saat Digunakan

Langsung saja triknya akan saya bahas dibawah ini supaya saat main game tidak mengalami hal serupa lagi dan lancar tidak ada gangguan laptop panas.

1. Membersihkan File Sampah yang Menumpuk

Apakah laptop kamu belum pernah sama sekali di bersihkan junk file nya? Buruan bersihkan sekarang agar laptop kamu terbebas dari sampah yang tidak berguna dan bisa juga loh untuk melegakan kapasitas penyimpanan kamu khususnya drive c.

File sampah ini wajib Anda bersihkan selama sebulan sekali. Bersihkan laptop Anda menggunakan ccleaner, avgtuneup atau software apapun yang bisa membersihkan sampah di laptop sampai keakarnya. Lagipun sekarang sudah banyak kok aplikasi untuk mengosongkan file sampah.

2. Update Windows ke Versi Terbaru

Mungkin saja windows kamu sudah usang yang memerlukan update operasi sistemnya. Nah kalau laptop tak tertahankan panasnya, bisa juga kok Anda memperbarui OS windows kamu ke versi terbarunya. Setiap pembaruan pasti akan ada perbaikan bug yang dialami pada versi sebelumnya.

3. Jangan Menggunakan Laptop diatas Permukaan Lembut Seperti Kasur dan Sofa

Sebenarnya kasur itu mempunyai sifat menyerap panas dan menghambat panas. Kadang ada juga yang menghambat panas saja, nah kalau dirumahmu terdapat kasur terus ada selimutnya pasti tidak akan bertahan lama laptop kamu soalnya sirkulasi udara bakal terhambat dan mengakibatkan laptop panas.

Sebaiknya Anda memakai laptop diganjal sesuatu saja, beli fan cooling pad yang menyediakan kipas untuk pendukung fan laptop kamu dan bisa juga Anda meletakkannya di atas meja kayu, kaca atau plastik yang sekiranya permukaannya datar dan keras.

4. Kalau Laptop Sudah Setahun Lebih, Wajib Bersihkan MOBO

MOBO atau kepanjangan dari motherboard ini memang cepat kotor bilamana kalian menggunakan laptop dirumah tanpa ada tutup gentingnya. Nah itu akan mengakibatkan laptop kamu cepat kemasukkan debu dan menyebabkan si mobo cepat kotor.

Setelah kotor biasanya akan menghambat kinerja si prosesor, vga, ram, harddisk, port dan sebagainya. Anda mau tidak kalau laptop kamu cepat rusak gegara kemasukkan debu?

5. Jaga Kebersihan Laptop, Bersihkan Tiap Minggu

Setiap hari kamu menggunakan laptop, masak kamu tidak meluangkan waktu untuk membongkar untuk membersihkan komponen hardware laptop yang terkena debu. Mulai sekarang Anda harus membiasakan aktivitas tersebut agar laptop tidak cepat panas lagi.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai cara mengatasi laptop cepat panas dan mengetahui penyebab laptop panas. Diantara pilihan untuk memperbaiki diatas, manakan yang menurut Anda baik? silakan pilih sendiri aja. Terima kasih sudah membaca artikel dari mogloger tentang cara mengatasi laptop yang mudah panas saat dipakai main game dan multitasking.