Baterai Android Kembung

Penyebab, Mencegah, Dan Cara Mengatasi Baterai Android Kembung
Daftar Isi Artikel []
Baterai Android Kembung - Penyebab baterai android kembung berserta cara mengatasi dan mencegah baterai kembung agar umurnya panjang (semua tipe).

Banyak masalah baterai android yang sering dihadapi seperti boros, ngedrop, panas dan yang akan kita bahas pada artikel ini adalah baterai mengembung. Nah, jika sedang mencari informasi mengenai cara memperbaiki baterai kembung maka kami sudah membaca artikel yang tepat.

Sebelumnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang menyebabkan baterai android mengembung dan cara pencegahannya.

Cara Mencegah Baterai Android Mengembung

Perhatikan beberapa hal ini agar keadaan baterai Android kamu tetap optimal sehingga dapat memperpanjang umur baterai:
  1. Gunakan Baterai Dan Charger Orisinil
  2. Jangan Bermain HP Ketika Di Charge
  3. Hentikan Pemakaian Jika HP Android Sudah Panas
Baca Juga: Cara Mengatasi Android Panas

Penyebab Baterai HP Android Kembung

1. Overheat

Penyebab baterai android kembung yang pertama adalah overheat. Apa itu overheat pada android? Overheat adalah sebuah keadaan atau kondisi dimana perangkat android mengalami suhu tinggi yang disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan.

Dampak buruk terjadinya overheating pada android yakni kinerja ponsel akan menurun, baterai menjadi tidak sehat (boros, bocor dan Kembung).

Bahkan jika overheat sudah parah, smartphone android kamu bisa meledak.

2. Melakukan Pengisian Daya Terlalu Lama

Buat kamu yang masih menggunakan HP android keluaran lama, segera cabut pengisi daya jika sudah terisi penuh. Terlalu lama melakukan pengisian baterai dapat mengakibatkan bocornya cell lithium ion pada baterai.

Tapi, jika kamu sudah memakai perangkat android keluaran terbaru, saya rasa hal ini bukan menjadi penyebab kembungnya baterai.

Rata-rata baterai dan perangkat android terbaru sudah dibekali teknologi canggih dimana jika baterai sudah terisi penuh, maka pengisian daya otomatis akan terputus. (charge controller)

Meskipun sudah memiliki sistem yang canggih, ada baiknya kamu tetap memperhatikan hal ini agar baterai Android tetap optimal (tidak cepat rusak).

3. Menggunakan HP Ketika Di Charge

Hal yang sering mengakibatkan baterai hp kembung adalah menggunakannya hp saat di charge.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai HP Android

Bukan hanya itu, memainkan hp saat di cas juga dapat membahayakan kesehatan seperti terganggunya jaringan otak, telinga, kesetrum, bahkan kematian.

4. Kualitas Baterai Dan Cas Casan

Hindari memakai baterai dan cas casan palsu untuk hp Android. Charger, Baterai, Dan HP memiliki kecocokan, akan sangat buruk jika salah satunya bukan asli.

Penggunaan barang palsu dapat mengakibatkan komponen lain dalam smartphone terganggu sehingga bisa membuat daya tahan dan fungsi hp menurun bahkan rusak.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja HP Android Semua Tipe

C. Cara Mengatasi Baterai Yang Kembung Menjadi Normal Kembali

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai Kembung Masuk Kulkas
Bagaimana cara memperbaiki batre hp yang melembung agar normal kembali?
  1. Copot baterai hp, kemudian bungkus menggunakan plastik kedap.
  2. Jika dirasa yakin bahwa sudah rapat (air tidak bisa masuk), masukan ke dalam freezer kuklas selama 1 malam.
  3. Ambil keesokannya, tunggu sampai benar benar kering, kemudian charge baterai tersebut menggunakan dekstop dalam posisi negatif dan positif terbalik untuk mengosongkan daya baterai.
  4. Selanjutnya, pasang baterai dan cas ulang dalam keadaan mati.
  5. Jika sudah, biasanya keadaan baterai android akan normal kembali.
Baca Juga: Cara Kalibrasi Baterai Android

Demikianlah pembahasan terkait cara memperbaiki baterai android menggelembung dengan memasukannya ke dalam freezer disertai dengan penyebab dan tips menghindari baterai mengembung. Semoga Bermanfaat.