Mengaktifkan Kontrol Orang Tua Play Store

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Playstore Android
Daftar Isi Artikel []
Menyiapkan Parenting Control di Android - Cara mengaktifkan kontrol orang tua untuk memblokir atau membatasi aplikasi playstore agar tidak bisa di download anak-anak.

Memfasilitasi anak dengan smartphone mungkin bisa menyelesaikan suatu masalah, akan tetapi pemberian fasilitas tersebut mungkin dapat menimbulkan masalah lain.

Contoh, dalam google play store terdapat jutaan aplikasi dan game, namun ada beberapa aplikasi yang berbayar, banyak juga aplikasi yang tidak cocok untuk mereka.

Anak anak itu memiliki rasa penasaran yang tinggi, jika menemukan sebuah aplikasi ataupun game dengan logo yang menarik, bisa saja mereka akan langsung menginstallnya.

Tidak peduli gratis atau berbayar, berapa ukurannya, dan apa fungsi dari aplikasi tersebut. Jika kebetulan anak Anda mengunduh aplikasi berbayar dengan ukuran yang lumayan besar, otomatis Anda akan sangat merugi (kuota dan uang).

Maka dari itu, wajib hukumnya bagi orang tua untuk membatasi akses anak pada android agar mereka tidak melakukan kegiatan yang tidak pantas serta terhindar dari aplikasi dan game yang tidak layak untuk anak.

Lalu, bagaimana cara membatasi akses anak pada smartphone android? Hal yang bisa Anda lakuoan yaitu dengan mengaktifkan kontrol orang tua.

Cara Mengatur Kontrol Orang Tua di Google Play Store Android

Berikut langkah-langkah menyiapkan kontrol orang tua tanpa aplikasi tambahan agar playstore android aman digunakan oleh anak.

  1. Buka Google Play Store dan ketuk ikon Menu.
  2. Gulir ke bawah pada menu dan pilih Pengaturan.
  3. Cari Kontrol Orang Tua di bawah kendali pengguna.
  4. Hidupkan dan masukkan pin yang dapat Anda gunakan untuk mengunci google playstore.
  5. Sekarang Anda dapat membatasi aplikasi yang akan terlihat di Google Play Store. (e.g., aplikasi, game, film, buku)
Nonaktifkan kontrol orang tua jika Anda ingin melakukan pembaharuan pada Aplikasi yang sudah diinstall.
Rekomendasi Bacaan: Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Di Google Play Store

Manfaat Mengaktifkan Parental Control di Android

Dengan mengatur pengawasan atau batasan akses anak Anda di android, maka konten tidak sesuai dengan apa yang sudah Anda atur tadi tidak akan terlihat oleh anak Anda.

Mencegah Anak Menginstall Aplikasi Dewasa

Tinder misal, aplikasi kencan yang dikhususkan untuk orang dewasa berumur 18 tahun keatas ini otomatis akan terblokir dan tidak bisa didownload jika Anda telah mengaktifkan fitur kontrol orang tua.
Meskipun Anda sudah mengatur kontrol orang tua, konten yang dibatasi akan tetap muncul jika dicari secara manual atau melalui link langsung.
Demikian pembahasan mengenai cara mengaktifkan kontrol orang tua di google play store android, Semoga Bermanfaat…