Kesalahan Blogger Pemula

8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan Dan Diabaikan
Daftar Isi Artikel []
Tips Blogging - Kesalahan berakibat fatal paling sering dilakukan oleh blogger pemula dalam membuat dan mengelola blog beserta tips untuk menghindarinya.

Namanya manusia, tidak mungkin luput dari kesalahan. Apalagi jika masih awal-awal melakukan sebuah kegiatan sangat wajar jika melakukan kesalahan, tak terkecuali blogger.

Lalu, apa saja kesalahan terkecil hingga terbesar yang sering dilakukan oleh blogger pemula?

Baca Juga: Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Kesalahan Terbesar yang Dilakukan blogger Pemula
Tips Blogger Pemula: Hindari Kesalahan Yang Sering Dilakukan!

Berikut ini beberapa kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula tanpa mereka sadari:

Memilih Nama Domain Yang Salah

Blogger pemula biasanya kurang tepat dalam memilih nama domain. Meniru website atau perusahaan besar yang sudah terkenal dengan anggapan dan tujuan agar blog yang kita buat bisa muncul ketika orang melakukan pencarian tentang company tersebut (pengalaman).

Tapi, realita tidak sesuai ekspetasi! Blog yang dulu saya bangun dengan nama "plagiat" sangat susah masuk ke halaman pertama dikarenakan kata kunci untuk nama yang kita pilih sudah dikuasai oleh situs tersebut.

Memang ada banyak blog yang sukses dengan domain mirip blog milik orang lain, tapi alangkah baiknya sobat memilih nama domain terbaik yang unik dan menarik untuk blog. Lengkapnya, silahkan baca di artikel: Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

Sering Mengganti Template Blogger

Hampir semua blogger pemula selalu melakukan kesalahan terkait tampilan atau template, pemilik blog biasanya tidak pernah puas akan tampilan template yang dipakai. Baca: Template Blogger Keren SEO Friendly dan Responsive Terbaik

Mereka selalu mencari dan gonta ganti template sampai mendapatkan template yang sesuai selera tanpa memperhatikan akibatnya.

Sering mengganti template bukan berbahaya, tapi sangat berbahaya! Kenapa? Struktur pada setiap template pasti berbeda, jika sobat salah memakai template dengan struktur data yang amburadul, maka akan muncul notifikasi di webmaster tools.

Jika terlalu banyak struktur data error pada template yang dipakai, maka kegiatan perayapan (crawling) yang dilakukan robot tidak akan maksimal.

Oleh karena itu, pintar pintarlah dalam memilih template blogger, cari yang SEO Friendly, fast loading, dan responsive. Baca Juga: Kesalahan Optimasi SEO dan Redesign Template Blogger

Kesalahan Optimasi SEO Pemula

Teknik SEO Yang Salah Kaprah
Kesalahan Optimasi SEO Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

SEO. Singkatnya, SEO merupakan upaya yang dilakukan oleh webmaster atau pelaku bisnis online dengan tujuan untuk meningkatkan nilai relevan kata kunci dari sebuah website atau halaman untuk memperoleh posisi yang baik pada mesin pencari.

Jika sebuah halaman website memiliki posisi yang baik pada hasil pencarian, maka jumlah pengunjung situs tersebut akan semakin banyak.

Dengan banyaknya jumlah visitor dari sebuah blog ataupun toko online, maka si pemilik akan sangat diuntungkan. Keuntungan tersebut bisa didapat dari penjualan produk atau penghasilan dari pemasangan iklan.

Itulah alasan utama kenapa SEO (Search Engine Optimization) sangat penting di kalangan bisnis online dan internet marketing, termasuk blogger.

Sebagai blogger, kita wajib mengetahui, mempelajari, serta melakukan optimasi SEO. Namun sobat juga harus cerdas dalam belajar seo.

Tidak sedikit blogger newbie yang melakukan kesalahan dalam belajar SEO, mereka hanya belajar dari satu sumber dan menganggap materi seo tersebut sudah benar.

SEO bukanlah ilmu pasti seperti halnya matematika. Jadi, tutorial seo yang diberikan pada setiap situs pasti akan berbeda sesuai pengalaman mereka masing-masing.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk sobat yang masih pemula, belajarlah dari banyak sumber, serap, kemudian simpulkan semuanya.

Jika sudah menemukan kesimpulannya, segera praktikan semua ilmu SEO yang didapat. Pada dasarnya guru terbaik dalam kehidupan adalah pengalaman. Semakin banyak mencoba, maka akan semakin cepat menguasainya.

Contoh Teknik SEO Yang Salah Kaprah

Berikut 2 kesalahan berakibat fatal yang sering dilakuan oleh blogger pemula dalam membangun SEO website, teknik optimasi seperti ini harus dihindari!

Penggunaan Bold, Italic, Dan Underline
Beberapa artikel yang pernah saya baca menjelaskan bahwa penggunaan tag bold, italic, dan underline dapat meningkatkan seo karena bisa memerikan sinyal kepada robot bahwa kata tersebut merupakan keyword utama yang sedang dibahas pada artikel tersebut.

Faktanya, penggunaan tag tersebut sama sekali tidak berpengaruh apa-apa terhadap SEO. Tanpa menggunakannya, semua kata kunci yang ada dalam artikel dapat terbaca dengan baik oleh robot.

Memasang Link Menuju Postingan Yang Sedang Dibaca
Paham yang salah tentang strategi seo kedua yaitu membuat internal link menuju halaman itu sendiri yang menggunakan anchor teks dengan keyword turunan dari artikel tersebut.

Sampai sekarang, masih banyak blogger yang menggunakannya. Padahal, teknik seperti ini adalah kesalahan terbesar dalam strategi link building dalam SEO.

Menurut Jakob Nielsen yang dijuluki "The King of Usability" & "Web Usability Guru" menegaskan: never have a link that points to the current page.

Jangan buat link yang mengarah ke postingan yang sedang dibaca! Visitor mengira bahwa link tersebut akan menuju artikel yang berbeda, tapi nyatanya link tersebut menuju ke artikel yang sama. Ini sama saja melakukan spam di dalam postingan sendiri.

Coba lihat Wikipedia, apakah mereka membuat internal link mengarah ke halaman yang sama? Rankingya sangat baik bukan? Anda bisa meniru teknik yang dipakai Wikipedia, itu adalah teknik link building terbaik, diletakan secara alami pada artikel dengan topik yang saling terkait.

Itulah 2 kesalahan teknik optimasi seo yang sampai sekarang masih sering ditemukan dalam sebuah website dan blog. Sebenarnya masih banyak lagi strategi dan trik seo salah yang dianggap benar, sobat bisa mencari informasi lengkapnya di google.

Terlalu Fokus Visibilitas Artikel dan Backlink

Ketika kita terlalu fokus dengan tujuan, yang ada malah melupakan hal yang lebih penting dari fokus tersebut.

Ingin Halaman Pertama

Kesalahan Kenapa Artikel Tidak Terindeks Google
Blogger Pemula Terlalu Fokus Untuk Page One

Tidak sedikit blogger pemula yang "mati dibunuh" oleh tujuannya sendiri (page one). Bagaimana tidak, blog baru itu sangat sulit masuk dihalaman pertama.

Merasa usahanya tidak membuahkan hasil, ahkirnya memutuskan untuk mundur atau berbuat curang dengan melakukan copy paste artikel seenaknya.

Sabar, robot masih belum familiar dengan situs baru sehingga lebih mengutamakan blog yang sudah lama ada di internet.

Beberapa artikel yang saya publish beberapa bulan lalu mulai merayap masuk ke halaman pertama.

Panik Jika Tidak Terindeks

Kemudian indeks google, banyak juga blogger pemula yang panik ketika artikel tidak terindeks atau deindex beberapa saat setelah dipublish.

Artikel yang tidak terindeks atau tiba tiba hilang dari google adalah hal yang wajar. Sayapun sering mengalaminya. Saran saya jika bertemu masalah artikel yanh susah atau hilang dari indeks, tidak usah di inspect url / fetch ulang-ulang karena bisa dianggap spam. Biarkan saja artikel tersebut diindex secara natural, tenang, pasti ke index.

Backlink Adalah Segalanya

Yang terakhir adalah Backlink, kesalahan ini sebenarnya hanya akan terjadi jika blogger salah dalam belajar SEO.

Blogger pemula beranggapan bahwa backlink menjadi salah satu faktor seo paling penting untuk meningkatkan otoritas situs.

Mereka akan berlomba lomba mencari backlink gratis, spam komen sana-sini. Padahal itu merupakan teknik link building yang sudah usang.

Backlink yang berkualitas ialah backlink yang didapat dari halaman yang topiknya relevan dengan blog kita.

Nah kerena susahnya mencari dan mendapatkan backlink yang berkualitas, blogger pemula biasanya melakukan tukar link sesama rekan blogger yang memiliki blog dengan topik yang sama.

Link tersebut nantinya akan dipasang pada halaman statis yang dibuat hanya untuk memasang link dari blog lain yang bersedia menjadi partner.

Coba dipikir, wong isinya cuma external link dofollow, apakah relevan? Percuma juga kalo memiliki 50 bahkan 1000 partner sekalipun. Jumlah tersebut akan tetap kalah dari puluhan backlink yang ditanam secara natural dalam artikel.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya tulis diawal tadi bahwa melakukan kesalahan saat proses pembelajaran adalah hal yang wajar. Blogger newbie tidak sepenuhnya salah, mungkin mereka hanya tersesat oleh panduan dan kisah sukses blogger professional.

Agar bisa sukses menghasilkan uang dari blog, kita hanya memerlukan konsisten dan kesabaran yang sangat tinggi. Biasanya, sebuah blog dengan frekuensi update yang teratur pasti akan memiliki trafik jika sudah berumur ±6 bulan.

Hindari kesalahan yang sering diabaikan. Terus belajar dan tinggalkan kesalahan-kesalahan yang sudah Anda lakukan.