Kelebihan Dan Kekurangan Domain Gratis

Kelebihan Dan Kekurangan Domain Gratis Untuk Blogger
Daftar Isi Artikel []
Domain Gratis - Kelebihan Kekurangan yang akan didapatkan jika blog atau website memakai domain gratisan.

Pengertian domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat IP server komputer seperti web server atau email server di internet.

Untuk bisa mengakses sebuah domain, anda diwajibkan untuk membeli domain terlebih dahulu di web penyedia domain seperti exabytes, niagahoster, idwebhost, dan masih banyak lagi.

Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia blogger ataupun website kehadiran domain menjadi penting karena menyangkut profesionalitas.

Namun tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk bisa membeli domain. Alhasil, mereka pun memutuskan untuk menggunakan free domain saja.

Apakah menggunakan domain gratis lebih menguntungkan? Atau justru malah merugikan? Yang jelas, pasti ada sisi positif dan negatifnya. Bagi kamu pengguna domain gratis, ketahuilah kelebihan dan kekurangan domain tersebut. Baca Juga: Tips Memilih Domain

Kelebihan Memakai Domain Gratis Untuk Website



1. Gratis

Sesuai dengan namanya, domain ini benar-benar gratis. Freenom merupakan salah satu layanan penyedia domain gratis yang banyak diburu oleh blogger tanah air.

Dengan memakai domain tipe ini kamu tak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan domain. Selain juga cocok bagi kamu yang tidak memiliki modal.

2. Dapat Digunakan untuk Belajar

Nah bagi kamu yang ingin belajar membuat sebuah website, maka bisa dicoba dulu dari domain gratis. Daripada langsung menggunakan yang berbayar tetapi akhirnya gagal, kamu pasti akan menyesal. Apalagi domain yang sudah dibeli tersebut tidak bisa dikembalikan lagi, begitu pun dengan uangnya.

Maka dari itu, hitung-hitung belajar, bisa dicoba dulu domain gratis.

3. Mudah Diingat

Domain gratis biasanya terlihat lebih pendek daripada domain berbayar. Tentunya hal ini dapat memudahkan kita untuk menghafal alamat website yang kita miliki.

Selain itu, pengunjung pun bakal lebih mudah dalam mengingat nama domain tersebut. Alhasil, pengunjung pun lebih sering mengunjungi website anda.

Kekurangan Domain Gratis Untuk Blog

1. Tidak Selamanya Gratis

Jangan berpikir jika domain tersebut gratis selamanya. Tidak, tidak seperti itu. Pihak penyedia pun pasti berpikir ulang untuk memberikan domain tersebut secara cuma-cuma dalam jangka waktu yang sangat lama. Pasti ada masa berlakunya, entah 6 bulan, satu tahun, atau 1,5 tahun.

2. Tidak Profesional

Di mata pengunjung dan orang awam, website yang menggunakan domain gratisan dianggap tidak profesional dan abal-abal. Pengunjung pun menjadi sepi dan tidak ada pengiklan yang mau bekerja sama dengan anda.

Karena itulah, bloger profesional pasti tidak akan menggunakan domain seperti ini karena tidak dianggap menghasilkan dan sulit mendapatkan prospek yang cerah.

3. Keamanan Diragukan

Berbeda domain berbayar yang keamanannya sudah pasti terjamin. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk domain gratisan. Website anda bisa saja disusupi berbagai iklan yang justru bakal menganggu kenyamanan pengunjung.

Dan yang paling berbahaya, jika sampai disematkan berbagai virus dan Malware berbahaya. Bisa-bisa bermasalah website anda dikemudian hari bahkan tidak dapat untuk diakses.

4. Sulit Bersaing di Google

Domain gratis seperti freenom kurang mendapatkan perhatian dari google. Memang pada faktanya, memang sangat jarang sekali ditemukan blog atau website berdomain freenom nangkring di posisi atas mesin pencari google ataupun yang lainnya. Jadi dari segi SEO, jelas sangat buruk sekali.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, silakan pertimbangkan lagi apakah ingin menggunakan domain gratis (free domain) atau mengumpulkan uang saja untuk membeli domain berbayar.

Semua ada di tangan anda, bagaimanapun bentuk dari website yang akan dibuat semuanya tetap bergantung dengan apa yang anda lakukan. Sekian dan terima kasih.