Tips Memilih Domain

Tips Memilih Nama Domain Untuk Web dan Blog Pribadi
Daftar Isi Artikel []
Cara Memilih Domain - Menentukan nama domain adalah langkah pertama dan utama jika ingin membuat website atau blog. Pasalnya, domain akan menjadi identitas dan mencerminkan isi konten blog Anda.

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Blog atau Website?

Contoh Ide Nama Domain Yang Bagus Untuk Blog Pribadi


Berikut ini beberapa cara membeli domain untuk pertama kali agar Anda tidak salah dan menyesal dalam menentukan domain untuk blog:

1. Jangan Pakai Gratisan

Apapun yang berbau gratis sangatlah menguntungkan, tapi tidak untuk domain.

Kenapa?
Bayangkan jika blog yang memakai domain gratis Anda kelola dengan serius sudah memiliki posisi yang baik pada mesin pencari.

Namun Anda tidak membeli domain tersebut untuk tahun kedua, mungkin bisa karena lupa, atau metode pembayarannya yang sedikit susah.

Maka, itu akan sangat merugikan. Anda akan kehilangan visitor blog dan akses domain tersebut. Oleh karena itu, saya sangat tidak menyarankan memakai domain gratis untuk blog yang dikelola dengan serius.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Domain Gratis

2. Nama Domain

Banyak yang menyarankan untuk menentukan nama domain yang sesuai dengan bisnis / topik blog. Teknik ini disebut Exact Match Domain atau Keyword On Domain yang digadang gadang bisa mempengaruhi SEO OnPage dari blog Anda.

Tapi, meskipun banyak orang yang menyarankan teknik tersebut karena bisa meningkatkan ranking pada mesin pencari, Anda harus pikir dua kali untuk memilih domain EMD.

Kenapa?
Misal panduanbelajarseo.com, domain ini sangat baik jika konten yang Anda sajikan berhubungan dengan belajar seo. Tapi, apakah Anda konsisten hanya menyajikan konten tersebut?

Nah, solusi terbaik bagi Anda jika ingin membangun blog dengan isi konten/jasa yang beragam (gado-gado), pilihlah nama domain brandable. Anda bisa memakai nama bisnis atau nama Anda sendiri.
Jika memakai domain sesuai nama bisnis, pastikan nama tersebut tidak/belum pernah digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

3. Karakter Domain

Usahakan karakter domain yang Anda tentukan efektif. Perhatikan jumlah karakter, penggunaan angka dan hyphens.

Pilih nama domain yang tidak terlalu panjang/pendek, tidak menggunakan banyak angka, juga tidak memakai hyphens (-). Hal ini bertujuan agar visitor mudah mengingat domain blog Anda.

4. Ekstensi Domain

Jika sudah menemukan domain yang efektif, Langkah selanjutnya yakni memilih ekstensi domain. Anda dapat menentukan ekstensi domain sesuai blog dan target visitor Anda.

Misal, blog mewakili sebuah organisasi, Anda bisa memilih ekstensi .org. Jika target adalah orang Indonesia, Anda bisa memilih domain .id.

Baca Juga: Macam Macam Ekstensi Domain

5. Cek Domain Yang Anda Pilih

Tips selanjutnya mengecek domain pilihan Anda, apakah fresh atau zombie (sudah pernah didaftarkan).

Bagaimana Cara Mengetahuinya?
  1. Kunjungi website http://web.archive.org
  2. Masukan domain pilihan Anda pada form yang tersedia
  3. Jika, domain yang Anda Pilih sudah pernah digunakan sebelumnya maka hasilnya akan seperi gambar di bawah ini

Cara Mengetahui Domain Expired Melalui Web Archive
Cara Mudah Cek Domain Expired Melalui Web Archive

Perlu diketahui, expired domain yang baik akan sangat baik jika digunakan. Untuk mengetahui baik buruknya sebuah domain expired, Anda bisa melihat history domain tersebut. Caranya, lihat kalender di website tersebut kemudian klik tanggal yang berwarna biru.

Pastikan konten yang dibawakan pemilik sebelum Anda tidak melanggar pedoman webmaster.

6. Pilih Penyedia Domain Dengan Kualitas Terbaik

Kebanyakan pasti akan memilih layanan yang memberikan domain murah. Namun, domain dengan harga murah tidak menjamin bahwa layanan tersebut tidak murahan.

Anda harus memperhatikan faktor lain seperti:

a. Jumlah Pelanggan

Jumlah pelanggan menjadi parameter penentu baik buruknya kualitas suatu layanan penyedia domain.

Jika banyak orang yang menggunakan, itu artinya bahwa website tersebut telah memberikan kualitas dan layanan terbaiknya.

b. Support 24 Jam

Pastikan layanan yang Anda pilih memberikan dukungan teknik yang selalu siap membantu Anda kapanpun jika mengalami masalah/kesulitan dalam konfigurasi domain.

Penyedia Hosting Dan Domain Terbaik Indonesia

Penyedia domain yang baik yakni mereka yang berani memberikan harga murah namun tidak memberikan layanan dan kualitas terbaik bagi pelanggan.

Dimana Menemukannya?
Hostinger!!! Hostinger merupakan penyedia layanan web hosting dan domain murah yang sudah dipercaya lebih dari 29 juta client dan akan terus bertambah karena terdapat 20 ribu pengguna baru setiap harinya. Selain menyediakan domain, Hostinger juga menyediakan paket web hosting murah berkualitas mulai Rp. 15.000 dengan jaminan uptime diatas 99%.

Sangat cocok bagi pemula yang ingin membuat blog atau bisnis toko online menjadi lebih profesional dengan meng-hosting sendiri file dan database website, cek paket hosting, sekarang!