Pengertian Hosting Dan Domain

Pengertian Web Hosting Dan Domain Name
Daftar Isi Artikel []
Hosting Dan Domain - Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian, macam, jenis, contoh, serta tips memilih hosting terbaik Indonesia.

Pengertian Dari Hosting Dan Domain

Jika Anda sudah lama menjadi blogger atau memiliki basic di bidang IT, pasti sudah tidak asing dengan Hosting Dan Domain.

Namun sebagian blogger pemula masih kurang paham pengertian dan perbedaan dari hosting dan domain.

Singkatnya hosting, domain, dan website itu ibarat sebuah rumah (bangunan). Hosting sebagai tanah, Website sebagai Rumah, dan domain adalah Alamat tempat dimana rumah tersebut berada.

Lihat gambar ini Agar Anda bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Gambar Ilustrasi Tentang Hosting Domain Dan Website
Ilustrasi Hosting Domain Dan Website | © D-Net Provider

Pengertian dari Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Hosting adalah tempat meletakan sebuah website beserta informasi dan database penting seperti script, gambar, video didalamnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa hosting merupakan layanan penyimpanan berbasis internet yang digunakan untuk menyimpan data penting sebuah website pada server yang bisa diakses oleh user yang terkoneksi dengan internet.

Macam Macam Hosting

Ada banyak macam jenis hosting, diantaranya adalah Shared Hosting, Dedicated Hosting, Dan Free Hosting. Hosting tersebut meiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda

1. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah layanan hosting yang dikelola provider hosting, dimana klien dapat menyewa seluruh server dan tidak akan membagikan dengan siapapun.

Dedicated hosting sangat cocok untuk membangun website profesional, hal ini dikarenakan dalam server tersebut hanya terdapat satu akun hosting yang bisa digunakan dengan bebas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

2. Free Hosting

Sudah terlihat dari namanya, Free Hosting adalah hosting yang bisa didapatkan secara gratis melalui promo yang disediakan oleh website tertentu.

Hosting semacam ini sangat tidak cocok untuk web profesional, melainkan untuk Anda yang baru belajar dan ingin membangun sebuah website.

Baca: Trik Mendapatkan Promo Hosting Dan Domain

3. Shared Hosting

Shared hosting merupakan server yang digunakan bersamaan dengan pengguna lain untuk menyimpan data situs. Kelebihan shared hosting yakni harganya yang murah karena ditanggung bersamaan dengan pengguna lain, jangan khawatir dengan data situs Anda, penyedia layanan shared hosting pasti memiliki sistem kontrol administrasi yang baik untuk mengamankan privasi Anda.

Kekurangan shared hosting adalah di kecepatan website, jika salah satu website di hosting tersebut memiliki trafik yang tinggi bahkan over.

Maka server website kamu pun akan mengalami penurunan please, karena beban server shared hosting ditanggung bersama-sama dengan pengguna lain.

Tips Memilih Hosting Terbaik

Sedikit tips bagi Anda yang ingin memilih hosting untuk membangun website, pilihlah penyedia hosting yang memiliki kriteria berikut:

Jaminan Uptime

Pilihlah penyedia hosting yang memiliki server uptime diatas 99% untuk menghindari kehilangan visitor akibat server website yang down.

Support 24/7

Pastikan penyedia hosting tersebut memiliki customer support yang siap membantu kapanpun ketika Anda mengalami masalah.

Jaminan Refund

Dengan adanya garansi uang kembali yang diberikan oleh layanan penyedia hosting, itu artinya mereka sangat menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.

Baca Juga: Tips Memilih Domain

Apa Pengertian dari Domain?

Apa Yang Di Maksud Domain

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi server komputer menjadi lebih mudah diingat daripada menggunakan IP address.

Baca Juga: Kelebihan Domain Gratis

Jika ingin membuat website, pilihlah nama domain yang singkat, hal ini bertujuan memudahkan visitor untuk mengingat alamat blog/website Anda.

Macam Janis Domain

Berikut beberapa jenis domain yang Sering digunakan:

1. Top Level Domain (TLD)

Top level domain adalah domain yang berada di paling kanan setelah nama domain website. Misalkan https://www.google.com/. Maka .com inilah yang menjadi top level domain (TLD).

Didalam TLD juga terdapat pembagian lagi, diantaranya
  1. Generic Top Level Domain (gTLD)
    gTLD adalah salah satu TLD yang sifatnya general. Adapun yang termasuk gTLD adalah .com, .edu, .gov, .int , .mil, .org, .net.
  2. Country code Top Level Domain (ccTLD)
    ccTLD adalah TLD yang didasarkan pada kode negara. Misalnya https://www.google.co.id/

2. Second Level Domain

Second Level Domain adalah nama domain yang Anda daftarkan. Misalnya www.google.com. Maka "google" disitu disebut sebagai Second Level Domain.

3. Third Level Domain

Third Level Domain adalah domain yang berada sebelum nama domain yang Anda daftarkan. Misalkan https://masihterjaga.blogspot.com/, "masihterjaga" disitu menjadi Third Level Domain atau sering disebut dengan Subdomain.

Demikian pembahasan tentang pengertian web hosting dan domain serta sedikit tips untuk memilih layanan penyedia web hosting terbaik di Indonesia. Semoga Bermanfaat, terimakasih.