Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda(Pending) Playstore Android
Daftar Isi Artikel []
Penyebab dan solusi ampuh untuk mengatasi masalah download pending/tertunda ketika download aplikasi di playstore android xiaomi, lenovo, samsung, sony xperia, vivo, oppo, dll.
Play store adalah aplikasi Google yang dibuat untuk pengguna smartphone android sebagai tempat mendownload aplikasi dan game, membaca buku, mendengarkan musik, hingga menonton film yang hampir semua konten tersebut bisa Kita nikmati secara cuma cuma alias gratis.

Rekomendasi Bacaan: Cara Mengatur Kontrol Orang Tua Di Playstore

Tapi, terkadang terdapat masalah saat sedang download aplikasi di play store, salah satunya yakni "Download Tertunda". Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Download Pending di Playstore Android

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil
  2. Terlalu Banyak Mendownload Aplikasi Secara Bersamaan
  3. Android Terlalu Banyak Cache/Sampah

Mengatasi Download Tertunda di Playstore

1. Koneksi Internet

Mendownload aplikasi di play store saat koneksi Internet sedang lelet atau kurang stabil merupakan salah satu penyebab download menjadi tertunda. Untuk itu, gunakan wifi(jika Ada) ketika jaringan tidak memungkinkan atau bisa juga dengan mengunci sinyal agar lebih stabil.

2. Jangan Download Multi Aplikasi

Maksudnya multi aplikasi adalah, mendownload lebih dari 1 aplikasi pada waktu yang sama.

Sekarang play store sudah tidak bisa mengunduh banyak aplikasi secara bersamaan.

Misalkan sobat akan menginstall Facebook Dan Instagram melalui Playstore, maka proses download yang berjalan hanya aplikasi pertama yang diunduh.

Untuk yang kedua dan seterusnya menunggu dalam antrean sampai aplikasi yang pertama didownload sudah terinstall pada handphone sobat.

3. Bersihkan Cache/Sampah Android

Terlalu banyak menyimpan sampah pada android bisa mengakibatkan beberapa aplikasi tidak berfungsi dengan maksimal. Untuk itu sobat harus rajin menghapus sampah aplikasi smartphone sobat.

Caranya: Masuk Menu Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi yang Akan di Clear > Clear Cache > Force Close.

Penyebab dan Cara Mengatasi Download Pending Aplikasi Android
Membersihkan Cache Dan Data Untuk Mengatasi Download Tertunda di Playstore | © wiser.my


4. Mode Pesawat, Restart Android, Reset Pabrik

Jika sudah melakukan ketiga cara diatas tapi masih tidak bisa download aplikasi di playstore, alternatif yang pertama adalah Mode Pesawat.

Coba aktifkan mode pesawat selama 1-2 Menit, jika masalah belum terselesaikan coba muat ulang/restart hp sobat, jika masih tetap pending, solusi terbaik untuk mengatasinya adalah reset ulang hp sobat.

Itulah cara mudah mengatasi download tertunda di playstore android, semoga bermanfaat.