Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

[2019] Cara Mendapatkan Sitelink dari Google
Daftar Isi Artikel []
Apa itu sitelink blog? Bagaimana Cara menampilkan/mendapatkan sitelink blog di google? Kenapa umur blog sudah tua tapi belum dapat sitelink?

Sangat wajar jika Anda bertanya seperti itu. Karena selain menjadi ranking terbaik pada mesin pencari, mendapatkan sitelink merupakan cita cita wajib bagi blogger.

Bisa dibilang, sitelink adalah semacam tanda(pengakuan) yang diberikan oleh google, bahwa situs Anda memang dikelola dengan serius dan berisi konten yang unik dan paling relevan. Selain sitelink, ada fitur lain yang sangat diimpikan oleh blogger(terutama Saya), yaitu Featured Snippets.

Apa itu Sitelink

Pengertian dari sitelink merupakan kumpulan hyperlink(biasanya berjumlah 2-6) yang ada dibawah judul blog.

Umumnya link yang ada pada sitelink adalah properti blog seperti About, Disclaimer, Contact, Privacy Policy. Tapi terkadang juga berisi konten paling relevan dari situs tersebut. Contohnya seperti ini.
Trik Mudah Mendapatkan Sitelink dari Google
Contoh Sitelink Pada Hasil Penelusuran Google


Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink

Tidak ada satupun tips maupun trik yang tepat agar blog bisa mendapatkan sitelink dengan cepat, google secara otomatis akan memberikan sitelink kepada blog/website Anda dengan algoritmanya yang sangat rahasia.

Tapi berdasarkan pengalaman blog ini, saya akan berbagi tips yang saya terapkan untuk mendapatkan sitelink dari Google, berikut tipsnya:

1. Nama Domain

Ini merupakan tips pertama dan utama. Tips ini sangat cocok untuk blog baru atau blog yang akan Menggunakan custom domain.

Jika Anda ingin mendapatkan sitelink dengan cepat, gunakan nama domain yang unik dan mudah diingat dan mencerminkan isi konten blog Anda.

Jangan sampai menggunakan domain videolucu tapi isinya otomotif.

2. Gunakan Template Yang Baik

Pastikan template blog yang Anda gunakan memiliki data terstruktur yang baik dan tidak mengalami error ketika dicek melalui Structured Data Testing Tools

3. Rajin Buat Konten Yang Original

Jika rajin update artikel yang original, kemungkinan blog Andu untuk mendapatkan sitelink akan semakin besar.

4. Lakukan Optimasi SEO

Lakukan Optimasi SEO OnPage dan OffPage yang tidak melanggar Pedoman Webmaster.

Penyebab Blog Tidak Mendapatkan Sitelink

Coba perhatikan hal berikut ini, barangkali ada beberapa yang terjadi pada blog Anda.

1. Template dan Konten

Sudahkah Anda menggunakan template yang mobile friendly(responsive), valid structured data. Sudahkah Anda Rajin Update Artikel? Jika belum, lakukan optimasi secepetnya!

2. Nama Domain

Coba cek domain blog Anda di mesin pencari, ada berapa volume penelusuran yang sesuai dengan keyword(nama domain) anda. Contoh:

Kenapa Blog Tidak Mendapatkan Sitelink

Dari 3 Keyword tersebut, sitelink blog ini hanya muncul jika dilakukan pencarian dengan menggunakan keyword yang paling atas("masihterjaga blog"). Itupun harus menggunakan custom search 1 bulan lalu yang hanya memiliki volume penelusuran sebanyak 1.120.

Hal tersebut bisa terjadi karena keyword blog ini memiliki banyak kompetitor/saingan, mereka juga memiliki authority yang lebih bagus dari blog saya jadi wajar jika sitelink hanya muncul jika Memakai custom search.

Berbeda jika Anda menggunakan domain unik, seperti bungkusankentut.com Anda pasti tidak akan memiliki banyak kompetitor.

Jika melakukan optimasi konten dan SEO yang baik dan benar, pasti akan mendapatkan sitelink dengan cepat(karena paling relevan)

Nah, bagaimana dengan keyword blog yang sekarang Anda gunakan?

Itulah hal yang menurut saya paling berpengaruh terhadap pemberian sitelink oleh google, semoga bermanfaat…