Cara Memasang Hreflang Blogger

Apa itu Hreflang? Bagaimana cara memasang hreflang di blog? Berikut cara yang baik, benar, dan mudah setting tag hreflang url regional dan bahasa di blogspot.
Daftar Isi Artikel []
Cara Membuat Hreflang Untuk Url Regional di Blogger
Contoh Penerapan Meta Tag Hreflang Blogger Untuk URL Regional


Apa itu Hreflang

Hreflang merupakan sebuah script yang umumnya terletak pada bagian <head> suatu website, fungsi pemasangan tag hreflang adalah untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa website tersebut memiliki bahasa alternatif selain bahasa standard yang digunakan.

Tujuan memasang hreflang, adalah untuk menargetkan konten pada bahasa dan wilayah tertentu.

Itulah pengertian singkat tentang hreflang, disertai manfaat dan tujuan memasang script hreflang.

Cara Pasang Hreflang Untuk Target Global

Cara menerapkan hreflang untuk target global yaitu dengan memasang kode <link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/> di bagian <head> pada template. Jika berhasil, tampilan blog di pencarian Google akan terlihat seperti gambar paling atas(tidak yang berbeda).

Cara Memasang Hreflang Untuk Blog Bahasa Indonesia

Bisa dilihat pada gambar nomor 2, terdapat tambahan ?id pada akhiran nama domain.

Lho, kok bisa begitu padahal kan pakai blogspot.com? Sebagai blogger pemula yang minim pengetahuan, dulu saya heran ketika menemukan satu blog milik orang Indonesia(lupa apa domainnya) yang terdapat akhiran ?id pada indeks pencarian google.

Penasaran, saya langsung berseliweran untuk mencari informasi tentang "cara menambahkan ?id di akhir domain blogspot", "cara menambahkan kode negara di akhiran domain blogger", "cara menambahkan ?id pada index google" tapi hasilnya ZONK!!!.

Karena masih penasaran, saya masih terus mencari informasi tersebut, akhirnya ketemulah satu artikel dari BlogAceh yang membahas "Cara Memasang Tag Hreflang Untuk URL Regional dan Bahasa".

Trik tersebut sudah saya terapkan di blog ini, hasilnya seperti gambar yang sudah Anda lihat di atas.

Nah, karena artikelnya sangat bermanfaat dan patut untuk dibagikan, maka akan saya membagikan kembali trik tersebut kepada Anda semua.

Cara Setting Hreflang Untuk URL Regional di Blogger

Ternyata, cara untuk menambahkan ?id atau kode negara lain sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan ?kode-negara pada value href yang biasanya seperti ini:
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='id' rel='alternate'/>
Maka menjadi seperti ini:
<link expr:href='data:blog.url + "?hl=id"' hreflang='id' rel='alternate'/>

Jika tidak ingin repot ganti, bisa gunakan script ini.
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url + "?hl=id"' hreflang='id-ID' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url + "?hl=en"' hreflang='en-US' rel='alternate'/>

Untuk yang belum memasang hreflang, script tersebut bisa diletakan setelah kode <head> pada template.

Nah, jika ingin setting hreflang regional untuk negara lain, silahkan Anda ganti text yang ditandai dengan kode negara lain, lihat daftar kode negara disini

Untuk melihat hasilnya tunggu beberapa hari setelah google melakukan crawling ulang terhadap blog Anda.

Setting hreflang untuk url regional dan bahasa juga hanya akan berfungsi dengan baik dan terindex oleh Google jika dilihat menggunakan IP Address sesuai dengan tag hreflang yang sudah terpasang pada template blog Anda.

Sesuai contoh pada gambar, blog ini memiliki akhiran ?id ketika dilihat dengan Alamat IP Indo, ?en untuk IP Inggris dan tanpa akhiran jika dilihat bukan menggunakan IP Indonesia dan Inggris.

Sekian, semoga bermanfaat, "Jangan Malu Untuk Bertanya, Nanti Bisa Sesat di Jalan"