Cara View Source Website

Cara Melihat Source Code Website Dengan HP Android
Daftar Isi Artikel []
Cara mudah melihat kode sumber (source code) dari template website/blog yang digunakan oleh orang lain menggunakan Smartphone Android.

Lha emang bisa melihat source code menggunakan hp Android?

Jawabannya Bisa! Bahkan saya sering melakukan trik ini untuk pembelajaran saya tentang HTML, CSS dan JavaScript yang masih sangat minim.

Selain pembelajaran yaitu design, yups terkadang saya tertarik dengan design yang diterapkan oleh orang lain. Jadi, mau tidak mau saya harus melihat source code dari template tersebut, lalu menerapkannya di blog ini. Hehe.

Ok saya rasa basa-basinya sudah cukup… eits sebelum masuk ke tutorial, ada baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari source code serta keuntungan dan kerugian melihat source code website menggunakan android.

Apa itu Source Code

Dalam bahasa pemrograman, kita mengenal adanya Source Code, Dalam ilmu komputer, Source Code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia.

Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.

Keuntungan dan Kerugian Melihat Source Code Menggunakan Android

Keuntungan

Komputer tidak bisa melihat source code jika template tersebut sudah memasang script anti inspect element.

Tapi jika menggunakan android, kita masih tetap bisa melihat source codenya dengan cara ini. Jadi Android merupakan solusi terbaik untuk mengatasi blog yang tidak bisa di CTRL + U dan CTRL + I (shortcut view source).

Kerugian

Jelas sekali bahwa ukuran layar Android jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer. Jadi, kendala yang sering saya hadapi adalah proses Copy Paste Code yang lumayan banyak, harus sedikit sabar panjer jempol di touchscreen.

Cara Melihat Source Code Website Dengan HP Android

Pertama tentukan website target, disini saya akan mencontohkan dengan melihat source code dari template blog yang saya gunakan.

Kedua buka aplikasi browser, jika sobat menggunakan Xiaomi jangan gunakan Browser bawaan dari HP, gunakan Google Chrome(recommended) lalu kunjungi Blog Target.

Kemudian tambah view-source: didepan url blog target. Misalkan kita akan melihat source code dari template blogger yang saya gunakan, maka penulisan di address bar menjadi view-source:https://masihterjaga.blogspot.com/ , jelasnya seperti gambar dibawah…
Cara Mudah Mengetahui Source Code Template Blog Dengan Android
Cara Melihat Source Code Template Blog/Website di Android

Terakhir, tunggu sampai proses loading selesai jika berhasil, kode HTML, CSS, dan JavaScript blog tersebut sudah bisa sobat lihat…
Contoh Source Code Template Blogger


Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat…