Featured Snippets Google

Cara Mendapatkan Featured Snippets Pada SERP Google
Daftar Isi Artikel []
Beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan dengan mudah agar postingan blogger mendapatkan Featured Snippets atau Cuplikan Unggulan dari Google.

Apa itu Featured Snippets?

Featured Snippets atau Cuplikan Unggulan adalah tempat khusus untuk artikel yang letaknya berada di paling atas hasil pencarian atau bisa dibilang Rank 0 karena tempatnya diatas Rank 1, isinya merupakan ringkasan jawaban yang diekstrak dari laman web, tautan ke laman, judul laman, dan URL. Contohnya seperti ini.

Trik Mendapatkan Featured Snippets dari Google

Contoh Featured Snippets


3 Cara Mudah Mendapatkan Featured Snippets

Sebenarnya tidak ada cara, tips maupun trik khusus untuk mendapatkan featured snippets ini, fitur ini murni diberikan secara terprogram oleh google.

Tapi berhubung ada artikel blog ini yang pernah mendapatkan featured snippets(sekarang sudah hilang), jadi saya akan share beberapa trik yang saya terapkan di artikel "Pengertian Domain Authority dan Page Authority" (sudah dihapus), berikut tips nya:

1. Buat Artikel yang Unik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa artikel unik sangatlah powerful untuk menentukan kualitas sebuah blog. Semakin baik artikel yang kita buat maka akan semakin baik peringkatnya di hasil penelusuran.

2. Gunakan Media Sebagai Pelengkap

Sebuah artikel tanpa media itu bagaikan Sayur Tanpa Garam sob, haha. Menyisipkan gambar atau video bisa mempermudah pembaca untuk memahami maksud dari artikel tersebut yang mungkin sulit dijelaskan dengan kata kata.

Penggunaannya juga bisa menambah keyword dan muncul di google image(penelusuran gambar).

3. Gunakan Widget ToC

Menggunakan table of contents (daftar isi) pada postingan bisa memudahkan visitor dalam membaca bab / poin pada artikel yang sobat buat. Jika belum mengerti tentang ToC, sobat bisa membaca artikel "Cara Membuat Table of Contents di Postingan Blogger".

Sebenarnya cara ketiga ini tidak harus diterapkan, karena hampir 80% artikel Dengan Featured Snippets yang sudah pernah saya baca tidak menggunakan widget ini.

Tapi tidak ada salahnya sobat menerapkan Cara ketiga karena bisa meningkatkan SEO Blog dan konon katanya bisa mempermudah blog diterima google AdSense. Jika pemasangannya sukses, maka hasil di pencarian akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Memasang Table  of Content di Blogger
Contoh Table of Contents


Keuntungan dan Kerugian Mendapatkan Featured Snippets

Tidak ada yang sempurna, dimana ada keuntungan disitu pasti ada kerugian.

Keuntungan Mendapatkan Featured Snippets

Keuntungan yang bisa kita peroleh ketika mendapatkan Featured Snippets adalah meningkatnya visitor organik karena posisi artikel berada di paling atas hasil penelusuran.

Kerugian Mendapatkan Featured Snippets

Sedangkan kerugian mendapatkan Featured Snippets adalah: calon visitor tidak tertarik untuk membaca, karena cuplikan dari artikel tersebut dirasa kurang menjawab atau kurang memuaskan.

Demikianlah Tips Mendapatkan Featured Snippets yang bisa saya bagikan untuk sobat, semoga bermanfaat…