Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca

Penyebab dan Cara Mengatasi Kabel Data Tidak Terbaca di Komputer
Daftar Isi Artikel []
Apa yang mengakibatkan kabel data tidak terbaca ketika disambungkan dengan komputer atau laptop? Baca artikel ini untuk mengatasinya.

Fungsi dari kabel data untuk hp dan juga pc adalah sebagai sarana untuk bisa mengirim dan menerima file dari hp android ke pc windows (berlaku kebalikannya). Tapi terkadang ada sedikit masalah,  yaitu komputer tidak bisa membaca folder yang ada di HP Android.

Lalu bagaimana cara mengatasi kabel data tidak terbaca? marilah kita simak beberapa ulasan berikut ini hingga nanti anda menemui jalan keluarnya.

Mengatasi Kabel USB Tidak Terbaca di Komputer
(USB) Kabel Data Android Tidak Terbaca

Penyebab Kabel Data USB Tidak Terbaca

Sebelum kita melanjutkan ke cara mengatasi tidak terbacanya kabel data pada komputer, sebaiknya sobat mengetahui dulu beberapa hal yang mengakibatkan laptop dan juga komputer windows tidak bisa membaca memori hp anda.
  1. Pemasangan Kabel Data Port USB Tidak Benar
  2. Windows Belum Siap Mendeteksi Kabel Data
  3. Kabel Data USB Terputus Atau Port-nya Rusak
  4. Longgarnya Port USB Hp Android Atau PC

Cara Mengatasi Kabel Tada Tidak Terbaca di Komputer

1. Pemasangan Kabel Data Port USB Tidak Benar

Mungkin sobat terburu-buru saat mencolokkan port usb untuk hp dan port usb untuk pc, hingga mengakibatkan Kabel data tidak terbaca oleh komputer.

Jadi, silakan cek kembali pemasangan port di Komputer dan Android sobat sudah benar. Jika memang sudah benar dan tertancap dengan baik, namun komputer masih belum bisa membaca device, mungkin permasalahan yang mengakibatkan kabel data tidak terbaca di komputer sobat ada dimasalah nomer dua, baca lebih lanjut.

2. Windows Belum Siap Mendeteksi Kabel Data

Ini yang biasanya paling umum terjadi, yaitu sistem operasi windows belum siap untuk menerima pemasangan device melalui kabel data yang sudah anda pasang dari hp yang telah anda hubungkan.

Cara mengatasi hal ini cukuplah mudah, anda hanya perlu mencopot salah satu port usb kemudian silakan pasang kembali.

Jika masih belum terbaca juga, coba untuk merestart komputer atau laptop sobat karena hal ini sering terjadi pada pc windows 7 pribadi saya.

Jika komputer atau laptop sobat sudah di restart namun kabel data masih belum terbaca, kemungkinan ada salah satu kerusakan dari kabel data, port usb hp, dan usb laptop atau komputer.

3. Kabel Data USB Terputus Atau Port-nya Rusak

Kalau masalah ini sih jarang sekali terjadi namun juga bisa menjadi penyebab kabel data tidak terbaca di windows apabila kabel data anda sudah berusia lama.

Biasanya untuk bisa mendeteksi kerusakan ini anda cukup mencobanya ke pc yang lainnya dan lihat hasilnya jika memang rusak maka kabel data juga tidak terdeksi di windows.

Setelah sobat sudah mengetahui letak permasalahan ini alangkah baiknya silakan beli dengan yang baru dan harganya juga tidak mahal-mahal amat sekitar 15 – 100 ribu saja.

4. Longgarnya Port USB Hp Android Atau PC

Ini bukanlah kerusakan pada kabel data melainkan pada port micro usb hp atau pc yang sudah tidak layak lagi yaitu ditandai dengan melonggarnya colokkan port usb dari salah satu device.

Maka walaupun anda sudah berulang kali memasang dan mencopot ulang sampai kapanpun pc windows tidak akan pernah bisa membaca memori hp karena port tersebut sudah longgar.

Langkah untuk mengetahui port device yang longgar juga mudah yaitu silakan coba pasang apabila telah goyang maka alangkah baiknya segera di perbaiki ke tukang service komputer terdekat atau ganti yang baru sekalian.

Semua penyebab dan cara mengatasi diatas berlaku untuk Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows XP, dan Linux.

Sekian, semoga artikel ini bisa membantu.
(https://masihterjaga.blogspot.com)